Ulasan Lengkap Spesifikasi dan Fitur Xiaomi Redmi S2

Sekarang ini berbagai perusahaan berlomba untuk mengeluarkan produk terbaiknya, mulai dari bidang transportasi, kebutuhan rumah tangga sampai pelengkap kebutuhan seperti gadget ataupun ponsel pintar. Salah satu perusahaan yang sedang naik daun dan banyak disukai di Indonesia yaitu Xiaomi. Dengan berbagai kecanggihannya, produk yang dikeluarkanpun tidak main-main.

Nah dalam artikel kali ini kita akan membahas secara besar-besaran salah satu produk Xiaomi yakni Redmi S2  yang bulan Mei 2018 kemarin baru saja rilis. Apa saja kelebihannya dan spesifikasi lengkapnya ? berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga:

Spesifikasi Umum Xiaomi Redmi S2

Xiaomi baru diluncurkan Mei 2018, dengan berbekal harga 2.5 juta anda sudah bisa membawa ponsel unik ini. Peluncuran di Jakarta ini banyak ditunggu-tunggu. Dengan berbagai spek canggihnya, Xiaomi menawarkan satu paket lengkap dalam satu ponsel.

  • Prosesor: Qualcomm Snapdragon 625, GPU Adreno 506
  • Memori: RAM 3GB ROM 32GB, mendukung memori eksternal hingga 256GB
  • Baterai: 3.080 mAh (tidak bisa dilepas)
  • Dimensi: 160,73 x 77,26 x 8,1 mm
  • Berat: 170 gram (termasuk baterai)
  • Kamera Depan: 16MP dengan selfie-light, Teknik Pixel binning 4 in 1, 4500k soft-toned selfie light, HDR otomatis, efek bokeh, AI Beautify 4.0, bukaan besar ƒ/2.0, lensa sudut lebar 79,8°
  • Kamera Belakang: 12MP + 5MP AI, PDAF, bukaan f/2.2, Mode Portrait AI, HDR, Panorama, low light, Face Recognition, merekam video hingga 1080p, 30fps
  • Layar: 5,99 inci rasio 18:9, kecerahan hingga 450-nits, 269 ppi, rasio kontras 1000:1, resolusi 1440 x 720 piksel, bentang warna NTSC 70,8%, Night Display, Sunlight, Mode Baca, pengaturan temperatur warna
  • Jaringan: Dual SIM + slot microSD khusus (Nano-SIM + Nano-SIM + kartu microSD expandable)
  • Sensor dan Konektivitas: GPS, AGPS, GLONASS, Beidou, Infrared, Giroskop, Akselerometer, Sensor sidik jari, Kompas, Proximity, Vibration, Ambient
  • Warna: Grey, Gold, Rose Gold
  • Harga: Rp2,399 juta
  • Isi Kotak: Redmi S2, Ultra-slim case, kabel USB 2.0, Panduan pengguna, Adaptor, alat SIM ejektor

 

Desain Xiaomi Redmi S2

Setelah melihat spesifikasi lengkap masuk ke pembahasan selanjutnya yakni desain. Bagi sebagian orang, desain ponsel sangatlah penting karena memberikan kesan yang bagus dan berbeda saat digunakan. Redmi S2 menggunakan layar yang lebar dan juga besar dengan ukuran 5,99 inch dan juga aspek rasio 18:9. Hal ini juga dihitung bezel di bagian atas dan bawah sehingga melindungi ponsel cukup baik.

Selain itu Xiaomi Redmi S2 diputuskan untuk tidak menggunakan notch yang menambah keluasan layar ponsel. Bobotnya juga tidak terlalu berat dan hanya 170 gram, jelas bagi anda yang ingin memiliki ponsel berlayar lebar namun tidak membebani ketika digunakan maka Redmi S2 ini sangat pas. Bezel pada bagian sampingnya sudah cukup tipis sehingga tidak menambah ketebalan ponsel.

Keunikan lainnya yang tidak didapatkan di ponsel lain yaitu, layar memiliki efek seolah-olah timbul atau muncul dari bodi ponsel dan bukan tertanam langsung, hal ini disebabkan ponsel memiliki dua lapisan. Jelas sekali desain seperti ini tidak sembarang dan diproduksi spesial oleh Xiaomi

Kelemahan dari desain ini adalah ponsel terasa kurang nyaman atau terasa aneh ketika digunakan saat awalnya. Terlebih karena bentuk sisi samping ponsel yang melengkung menyebabkan tangan anda terasa pegal ketika menggenggamnya. Ditambah lagi Xiaomi biasanya memiliki lapisan yang agak licin ketika di pegang. Anda harus menggunakan case agar aman dan tidak slip.

Performa dan Fitur Penunjang

Jika berbicara soal performa maka Xiaomi Redmi S2 ini tidak akan kalah dengan yang lainnya. Sudah disisipkan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 octa core 2.0 GHz, GPU Adreno 506, dan RAM 3 GB dan tambahan lainnya menyebabkan Redmi S2 sangat lancar ketika digunakan baik pada aplikasi yang berat maupun membutuhkan respon cepat. Belum lagi sistem android yang sudah Android Oreo 8.1 dan firmware MIUI 9.5 bawaan dari Xiaomi.

Karena dibekali banyak hal ini maka anda bisa mengoperasikan dua aplikasi yang didukung oleh layar. Sehingga ketika dioperasikan akan terasa smooth dan berjalan bagus. Performa dari layar juga aman  anda gunakan saat mode baca, malam hari ataupun dibawah matahari yang terik. Selain itu anda bisa memberikan pengaturan warna.

Fitur tambahannya sama seperti dengan produk Xiaomi yang ada seperti halnya sidik jari dan wajah user, di samping masih ada sejumlah cara biasa seperti PIN, password, dan pola.  Untuk pemindai sidik jari yang digunakan diletakan pada posisi yang sangat baik dengan telunjuk anda bisa menggunakan tangan kanan maupun kiri, banyak ponsel sekarang ini yang mengutamakan adanya sidik jari untuk memudahkan.

Ada juga fitur pengenal wajah yang dipasangkan di Redmi S2, ketika anda gunakan maka akan berjalan dengan baik dan juga responnya cepat. Wajah user dapat terbaca kurang dari satu detik dengan posisi yang pas, anda bisa mendaftarkan pembacaan wajah sejak awal pembelian.

Pelengkap dari Xiaomi Redmi S2 yaitu memori yang besar dan bisa menggunakan memori eksternal berupa microSD 256 GB. Kebutuhan multimedia yang dirasakan bisa maksimal ditambah dengan RAM 3 GB. Namun ada beberapa kendala yang biasa terjadi, mengingat Xiaomi merangkum semua kelebihan sehingga terkadang ada kesan panas dan juga terjadi berhenti mendadak jika terlalu banyak aplikasi berat yang dibuka.

Kamera Xiaomi Redmi S2

Masuk ke fase yang lebih penting selanjutnya, dimana aspek ini begitu ditonjolkan oleh Xiaomi. Kamera yang berukuran 16 MP dengan bukaan f/2.0 di bagian depan yang diklaim ditanamkan kecerdasan buatan di dalamnya, belum lagi hasil fotonya yang memuaskan. Sayangnya kelemahan yang sering terjadi yaitu rendahnya kualitas foto ketika cahayanya rendah.

Baterai dan Pengalaman Gaming

Berbicara soal ponsel canggih akan berpengaruh pada kondisi baterai dan performa ketika anda menggunakan. Lalu bagaimana dengan Xiaomi redmi S2 ? Xiaomi memang menanamkan baterainya pada semua produk, hal ini untuk memudahkan penggunaannya. Selain itu kapasitas baterai di S2 yakni sebesar 3080 mAh. Dengan pengisian 2 jam 30 menit, baterai bisa penuh sampai 100%.

Jika anda menggunakannya normal maka ponsel akan bertahan seharian, namun jika anda menggunakannya untuk bermain game maka ponsel akan bertahan 3 jam. Walaupun xiaomi bukanlah ponsel gaming, namun karena performanya bagus bisa digunakan untuk permainan yang berat dan benar-benar responsif.

Itulah ulasan panjang yang bisa diberikan mengenai Redmi S2. Mungkin akan ada produk lainnya yang dihasilkan oleh perusahaan Xiaomi dengan berbagai spek canggih dan menyenangkan lainnya. Namun dengan peluncuran Redmi S2 menjadikan banyak orang yang menunggu dan berharap dapat mengoperasikan ponsel ini dengan baik.

Selain itu harganya juga bersahabat dan bisa didapatkan di Mi Store resmi di seluruh Indonesia. Usahakan untuk membeli di tempat aslinya, jangan sembarang agar tidak salah mendapatkan barang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *